Selasa, 26 Oktober 2010

Awal Mula Olahraga Voli



William Morgan menemukan olahraga voli pada tahun 1895 di Holyoke, Massachusetts, YMCA (Young Men's Christian Association) di mana ia menjabat sebagai Direktur Pendidikan Jasmani. Morgan awalnya menyebut permainan Bola Voli, Mintonette.
Nama bola voli muncul setelah  demonstrasi permainan olahraga tersebut, ketika seorang penonton berkomentar bahwa permainan yang melibatkan banyak "volleying" dan kemudian diubahlah namanya menjadi permainan Bola Voli.
William Morgan dilahirkan di negara bagian New York dan belajar di Springfield College, Massachusetts. Ironisnya di Springfield, Morgan bertemu dengan James Naismith yang menemukan bola basket pada tahun 1891.
Morgan termotivasi oleh Naismith dan permainan bola basketnya yang dirancang untuk siswa yang lebih muda dan menciptakan permainan yang sesuai untuk member yang lebih tua dari YMCA.
Permainan dasar bola voli William Morgan  kemudian menjadi populer dan permainan Faustball yang berasal dari Jerman dan beberapa olahraga lainnya termasuk: tenis (net), bola basket, baseball dan bola tangan.
Penghargaan Morgan Trophy yang diselenggarakan setiap tahun adalah untuk para atlet laki-laki dan wanita yang paling berbakat dan berprestasi pada permainan bola voli antar perguruan tinggi di Amerika Serikat. Didirikan oleh yayasan William G. Morgan pada tahun 1995 selama seratus tahun bola voli, kemudian pada piala diberi nama kehormatan dari William Morgan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar